Saturday, February 06, 2010

Dunia dikejar... Akhirat ditinggalkan?

"Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, 'Wahai anak Adam, gunakan waktumu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya akan Aku penuhi hatimu dengan kekayaan dan akan Aku cukupi kebutuhanmu. Namun, jika engkau tidak melakukan itu, maka akan Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak akan menutupi kebutuhanmu."
[HR Ahmad, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan yng lainnnya. Liht Ash-Shahiihah (1359)]

Dalam satu riwayat disebutkan:

"Akan Aku penuhi hatimu dengan kesibukan."
[HR Ibnu Majah, Shahiih Sunan Ibnu Majah (3315)]

"Dan barangsiapa yang membawa kejahatan, maka disungkurkanlah ke dalam Neraka. Tiadalah kamu dibalasi, melainkan (setimpal) dengan apa yang dahulu kamu kerjakan." (QS. An-Naml: 90)

"...Dan Allah berkata (kepada mereka): 'Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan'." (QS. Al-Ankabuut: 55)

"Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikit pun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Yaasiin: 54)

Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Kedua kaki anak Adam tidak akan (dibiarkan) melangkah pada hari Kiamat dari hadapan Rabbnya, hingga ia ditanya tentang lima perkara; Tentang umurnya, untuk apa ia dihabiskan? Tentang masa mudanya, untuk apa ia pergunakan? Tentang hartanya, dari mana ia dapatkan, dan untuk apa ia belanjakan? Dan, apa yang telah ia kerjakan terhadap apa yang ia ketahui?"
[HR at-Tirmidzi dan lainnya. Lihat kitab Ash-Shahiihah (946)]

Dari Abu Barzah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Kedua kaki seorang hamba tidak akan (dibiarkan) melangkah pada hari Kiamat hingga ia ditanya tentang umurnya, untuk apa ia habiskan? Tentang ilmunya, apa yang telah ia kerjakan dengannya? Tentang hartanya, dari mana ia peroleh dan untuk apa ia belanjakan? Dan tentang badannya, untuk apa ia pergunakan?"
[HR at-Tirmidzi]

[Tukilan (terpisah) dari kitab "Prioritas dalam Ilmu, Amal dan Dakwah" oleh Syaikh Husain bin 'Audah al-'Awaisyah, terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi'i]

No comments: